Berita

Kontak


Alamat :

Jl. Ahmad Yani No. 35 Putussibau

Telepon :

082251616581

Email :

smpkaryabudipts@gmail.com

Website :

smpkaryabudiputussibau.sch.id

Media Sosial :

Pengumuman PSAJ



SPMB Online



Berita Terbaru



Banner



MENDESAIN KURIKULUM KEBAHAGIAAN BERKELANJUTAN (KKB) DI YAYASAN PENDIDIKAN SEKOLAH BRUDER

Yayasan Pendidikan Sekolah Bruder (YPSB) melaksanakan kegiatan rapat kerja (Raker) tanggal 30 Agustus – 1 September 2023 bertempat di Hotel Bajau Singkawang. Berikut kami paparkan ebberapa kerangka dasar Kurikulum Kebahagiaan Berkelanjutan (KKB). Sebuah bentuk kurikulum yang sudah lama diterapkan di beberapa negara belahan dunia lainnya. Kurikulum ini digagas mengingat prosentase  kebahagiaan manusia semakin menurun dan iklim belajar di sekolah-sekolah dalam konteks tertentu tidak berada dalam suasana yang membahagiakan. Masih banyak peserta didik yang takut ke sekolah karena suasana sekolahnya, guru mata pelajaran atau muatan pembelajaran.

Sekolah sekolah saat ini terus berupaya untuk mendesain proses pembelajaran holistik demi keadaban publik. Dengan demikian kita membutuhkan revolusi hati seorang guru. Dalam arti, pertama tama guru guru sebaik baiknya memandang dirinya sebagai makhluk spiritual, makluk humanis integral otentik yang mengarus utamakan interioritas pribadi, ke dalaman pribadi, keunikan pribadi dan relasi interpersonal yang semakin mendalam; kemudian selanjutnya guru guru hadir dengan sentuhan kemanusiaan dan penuh kasih sayang. Dengan sentuhan kemanusiaan dan penuh kasih sayang, setiap pribadi di sekolah sekolah kita pasti menghasilkan buah buah yang baik, benar dan indah bagi kemanusiaan yang adil dan beradab.

Pendidikan di sekolah merupakan visi misi tujuan paling strategis untuk mengentaskan dan membela serta membebaskan orang yang terpinggirkan, orang miskin, orang melarat, orang sengsara dan orang menderita. Itulah makna esensial dari sekolah sebagai media khabar baik, unggul dan berpihak kepada orang miskin. Oleh karena itu kita saat ini di sini sangat membutuhkan kehadiran saksi hidup guru guru yang memiliki jiwa misioner, punya hati yang tulus dan murni untuk menjadi agen perubahan peradaban cinta kasih dan keadaban publik dan transformatif mulai dari pinggiran dan orang orang miskin, sengsara dan menderita yang tersebar di jutaan pulau pulau di seluruh Nusantara. Kehadiran Guru guru yang berjiwa misioner ini membuat pulau pulau bersukacita dan bergembira, damai sejahtera dan bahagia berkelanjutan.

Krisis saat ini bumi semakin mendidih panas yang berdampak pada tidak sehatnya alam, hewan dan manusiaa. Harapannya pendidikan di sekolah sekolah sebagai rumah kedua menjadi akar, pagar dan landasan pacu untuk membentuk orang menjadi dirinya sendiri yang autentik dalam relasinya yang baik dan indah dengan sesama, alam dan Tuhan. Spiritualitas Pendidikan menjadikan Satu Sehat: sehat alamnya, sehat hewannya, sehat manusianya. Dengan demikian kita perlu menghadirkan Guru yang punya spirit dan passion. Spirit dan Passion guru adalah sehati sepikir untuk melihat indahnya tumbuh kembang pribadi peserta didik secara utuh setiap hari. Sudah tiba saatnya, Guru guru di ruang kelas seluas dunia harus memiliki hati yang arif bijaksana agar anak anak didik kita hidup dalam kasih persaudaraan manusia semesta, penuh damai sejahtera, penuh kebaikan dan sukacita Injil, bukan dalam ruang hidup planet bumi yang semakin mendidih panas, penuh sakit mental, kekerasan dan intoleransi. Kita sungguh sangat mengharapkan kehadiran guru guru yang berhati arif bijaksana.

Pendidikan di sekolah yang berkualitas baik dan dapat diakses oleh seluruh anak terutama oleh anak anak yang termiskin, termarginal, terpinggirkan merupakan jalan satu satunya menuju kemerdekaan sejati, perdamaian abadi dan keadilan sosial yang selaras serasi dengan cita cita Indonesia Merdeka. Saat ini, sekolah sekolah itu membutuhkan kehadiran guru guru yang benar benar memiliki jiwa kemerdekaan belajar yang holistik agar anak anak didik bertumbuh dan dapat berpartisipasi secara demokratis sebagai warga global, nasional, lokal yang berbudaya dan berjiwa Pancasila. Artinya, berkat anugerah hadirnya guru guru berjiwa dan berbudaya Pancasila, semuanya memuliakan Allah dengan memulihkan martabat manusia dan menyehatkan sejahterakan seluruh makhluk ciptaan di planet bumi ini. Kita butuh guru berjiwa dan berbudaya Pancasila agar kita semua hidup harmonis dalam perdaban kasih persaudaraan manusia.

Pendidikan di sekolah seharusnya menyiapkan dan menghadirkan guru guru yang pengasih dan penyanyang serta panjang sabar dan besar kasih setianya agar anak anak bertumbuh dan berkembang menjadi orang yang berkepribadian cerdas, bermurah hati , berempati, beradab kasih dan semakin peduli terhadap bumi yang semakin panas dan memanas ini. Kita butuh guru guru yang menaburkan benih benih cinta kasih Injil di ruang kelas seluas dunia demi kemanusiaan yang adil dan beradab Pancasila.

Sekolah sebagai kemah kebahagiaan menumbuhkembangkan setiap peserta didik secara holistik untuka menjadi pribadi yang cerdas, berkarakter mulia, berempati, menghargai dan menghormati keanekaragaman hayati dan budaya, peduli terhadap penderitaan dan kesengsaraan orang lain dan jeritan suara setiap makhluk; Dengan demikian sekolah sebaik baiknya menghadirkan guru guru yang memancarkan wajah yang berseri seri, budi hati dan pikiran yang muni dan jernih, memancarkan kesaksian hidup sederhana dan pemberian diri yang total dan tulus, jauh dari main kuasa, sombong dan cita rasa ketamakan/kerakusan eltis serta keserakahan intelektual. Sekolah sebagai kemah kebahagiaan bagi setiap peserta didik mengharapkan guru guru berhati mulia penuh pengorbanan diri secara total dan holistik.

Pendidikan di sekolah perlu dikelola secara holistik agar sehat dan bermakna demi kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian sekolah membutuhkan kehadiran guru guru yang sungguh sungguh berpegang teguh dan berkomitmen pada nilai nilai cinta kasih Injil, solidaritas dan menghargai seluruh kehidupan manusia serta menghentikan praksis ideologi seksisme, racisme, intoleransi, kekerasan, kastanisasi. Karena itu guru guru sebaik baiknya berfokus untuk mengajar dan melakukan proyek penelitian yang mencakup pendidikan yang berkelanjutan, kepemimpinan guru yang transformational, pengalman pembelajaran transformatif, damai abadi dan keadilan sosial, seni, humanitas dan ekologi integral. Pada akhirnya kita memetik hasil pembelajaran yang membuat seluruh warga bahagia sejahtera, peduli, compassion, berperilaku prososial, respek, setara, bebas, penuh tanggungjawab, dan bersikap altruisme.

Pendidikan di sekolah merupakan jangkar peradaban kasih, toleransi dan perdamaian abadi. Karena itu guru guru harus hadir ( presence) dengan segenap hati dan pikiran untuk setia mengabdi dan mengajar apa yang benar, baik, indah, adil, jujur di ruang kelas seluas dunia. Dengan kehadiran guru guru yang penuh sukacita kasih Injil dan penuh hikmat kebijaksanaan, sekolah sekolah kita berhasil menjadikan generasi bangsa ini sebagai manusia berketuhanan, manusia beradab, manusia bersaudara, manusia berdemokrasi penuh hikmat kebijaksanaan, manusia berkeadilan sosial yang prososial dan partisipatif serta peduli demi kesejahteraan rakyat. Di sinilah penting sekali untuk menolong dan mengupayakan guru guru agar memperoleh gaji yang adil agar hidup mereka penuh bahagia, sejahtera, senang dan rekreasi dalama sukacita injil.

Visi dan misi utama pendidikan di sekolah saat ini adalah menjaga kesejahteraan rakyat dan alam yang tetap lestari. Sekolah yang baik dan berkualitas ditunjukkan dengan desain kurikulum yang berpihak pada menghentikan kesengsaraan dan penderitaan rakyat serta kerusakan alam. Kini kita berada pada era pendidihan global, perubahan iklim yang ekstrem, kualitas pangan yang buruk dan sampah makanan yang semakin menumpuk, tengkes, penculikan dan perdagangan manusia yang semakin tak terkendali, korupsi dan kemiskinan ekstrem. Sekolah dan ruang kelas seluas dunia punya visi, misi dan tujuan program harus mengupayakan kapabilitas peserta didik untuk semakin berpikir kritis dan berhati murni serta berhati bijak bestari untuk menghentikan ketamakan dan kerakusan serta kemewahan gaya hidup yang dipamerkan segelintir manusia elite penguasa dan pengusaha di tingkat global, nasional dan lokal; Ruang ruang kelas seluas dunia harus setia menghadirkan guru guru yang memiliki mata hati dan pena budi pekerti yang tajam bermata kontemplatif untuk membimbing dan membentuk generasi bangsa yang berintegritas, jujur, menghargai dan menghormati hidup setiap orang, berpihak dan peduli pada orang orang miskin yang terdampak perubahan iklim ekstrem dan mengulurkan tangan untuk melestarikan alam hutan dengan menanam pohon.

Pendidikan di sekolah merupakan sentrum peradaban cinta kasih Injil sebagai strategi pendidikan dan kebudayaan dalam kerangka kerja pembentukan profil pelajar Pancasila menuju Indonesia maju dan damai sejahtera. Salah satu pokok pangkalnya adalah menjamin suasana dan iklim budaya sekolah yang penuh kasih persaudaraan, nyaman dan aman, senang dan bebas bahagia; Dengan demikian sekolah segera menghentikan segala bentuk kekerasan fisik, mental, psikis, intoleransi, diskriminasi dan kastanisasi dan mencegah serta menangani dengan baik kekerasan seksual. Ada komunikasi yang saling percaya antara sekolah, orang tua, guru dan siswa. Strateginya adalah meningkatkan kualitas literasi dan numerasi, seni dan ilmu pengetahuan, literasi teknologi digital dan AI; meningkatkan keunggulan nalar manusia untuk menyelesaikan soal soal kehidupan yang serba kompleks dan remeh temeh; menyediakan buku buku bermutu di ruang baca untuk semua bisa belajar mengasah nurani dan menata budi pekerti; Di sinilah guru guru harus yakin betul bahwa tindakan cinta kasih merupakan ekspresi intelektual nalar kritis dan emosi serta praksis dari puncak peradaban manusia. Cinta kasih membuat semua orang saling menghargai seluruh hidup manusia dan alam ini. Guru guru adalah kaum cendekia intelektual organik yang tekun, setia, sabar dan berjanji untuk memotivasi peserta didik agar memahami secara mendalam kegeniusan manusia dan merefleksikan luasnya cakrawala imajinasi kreatif seni dan sains demi keluhuran martabat manusia lestari indahnya planet bumi ini. Nah, guru guru harus serius menjadi pustaka nalar bergerak demi tercapainya peradaban kasih persaudaraan manusia semesta ini.

Pendidikan di sekolah sebagai jangkar peradaban kasih persaudaraan manusia semesta harus serius mencintai dan melestarikan kebudayaan agar tidak kehilangan jati diri sebagai bangsa yang ramah, toleran dan damai. Sekolah dan ruang kelas seluas sedunia harus sejak usia dini anak anak diberikan kebebasan untuk mengekspresikan dirinya melalui seni budaya lokal nusantara. Dengan demikian Guru guru sebaik baiknya memiliki lensa mata hati kontemplatif untuk semakin mengenal dan menghargai serta mengembang bentukkan anak didik dengan penuh cinta kasih sayang; mendidik dan menghargai martabat pribadi setiap orang; membangun komunitas sekolah yang menghargai budaya dialog dan diskusi serta debat yang sehat dan masuk akal serta relevan dengan mencari solusi demi kebaikan bersama; membentuk dan amengembangkan kedewasaan iman, resilience/daya juang dan integritas akejujuran; mencintai budaya peduli dan cinta lingkungan hidup serta membentuk pribadi manusia yang unggul dan holistik. Karena itu guru guru harus hadir dan menjadi saksi akan gaya hidup yang menjaga sintesa antara kejeniusan manusia dan keajaiban alam dalam semangat ekologi profetis spritual dan kompetensi profesionalis demi kesejahteraan dan kebaikan bersama.

Pendidik di sekolah sebagai pembudayaan nilai dan pencerdasan kehidupan manusia harus serius menumbuhkembangkan kesehatan intelektual dan mental jiwa manusia generasi penerus bangsa. Sungguh tak elok wajah bangsa yang semakin sakit di mana kaum elite yang rakus dan tamak harta, jarah alam pikiran dan ruang hidup, korupsi semakin raja lela, ketidakadilan dan ketidakjujuran semakin garang, orang semakin tak sadar diri ini tanah air pusaka dan punya siapa. Di sinilah peran Guru Umat Manusia sangatlah penting untuk mulai menyadari dan mengatasi polusi udara kotor yang semakin ekstrim saat ini yang berdampak pada berbagai bentuk penyakit yang mematikan orang; menghentikan pertarungan modal yang cenderung memihak kepada mereka yang bermodal besar ( kapitalisasi dan industrisasi sekolah); serius mencegah politik uang dalam merekrutmen siswa; Karenanya jangan sampai guru guru kehilangan cita rasa kemerdekaan akademik, cita rasa damai sejahtera dan cita rasa keadilan sosial; sungguh layak dan pantas guru guru mulai menaburkan benih benih kebaikan manusia seperti integritas,kejujuran, inklusif dan berpihak pada kaum yang tertindas dan sengsara. Guru guru harus serius menjadi agen penjaga udara yang bersih dan kita semua menyaudara demi kesehatan intelektual dan mental generasi penerus bangsa dan semakin menyadarkan para peserta didik untuk melestarikan tanah air pusaka yang subur, suci dan mulia demi kebaikan dan kesejahteraan bersama.

Sekolah sekolah harus tetap merawat daya magis spirit Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika demi mewujudkan Indonesia yang toleran, damai dan sejahtera. Oleh karena itu guru gurunya harus menjunjung tinggi nilai nilai kejujuran, kebenaran, kebaikan dan keindahan dalam langkah laku hidupnya saban hari.

 

Sambutan Kepala Sekolah

Selamat datang di website SMP Karya Budi Putussibau.

Website ini merupakan sebuah layanan web yang hadir sebagai media komunikasi dan interaksi antara sekolah dan masyarakat. Semua pihak yang berkepentingan dengan dunia pendidikan terutama yang berlangsung di sekolah ini seperti guru, tenaga kependidikan, murid, orangtua murid/wali, para pejabat dan yang lainnya, dapat mengakses berbagai informasi yang disediakan. Informasi tersebut antara lain tentang profile sekolah, staf pengajar, jenis-jenis ekstrakurikuler, berita sekolah, SPMB dan berbagai informasi penting lainnya. Melalui website ini kami akan mengkomunikasikan bagaimana detak jantung kegiatan sekolah dalam rangka memberikan layanan pendidikan terbaik kepada masyarakat.

Mudah-mudahan kehadiran website ini akan memberikan manfaat kepada warga sekolah khususnya dan masyarakat luas umumnya dalam rangka memajukan pendidikan di Indonesia