Berita


PENERAPAN HOTS (HIGH ORDER THINGKING SKILLS)

Pendidikan bukan sekedar mentransfer ilmu tetapi menciptakan tranformasi hidup. Transformasi yang dimaksud adalah adanya perubahan cara berpikir. Cara berpikir adalah sebuah budaya. Sebagai sebuah budaya, cara berpikir menjadi sebuah cara hidup ( the way of life).
Seiring perkembangan zaman yang ditandai dengan munculnya revolusi industri 4.0, dituntut sebuah cara berpikir barru yaitu cara berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skill (HOTS). Kemampuan ini mencakup tiga tahap yaitu kemampuan analitik, evalutif dan mencipta. Tahap paling tinggi dari aktifitas berpikir manusia adalah mencipta. Pada tahap ini, manusia menghasilkan sebuah karya yang diperoleh lewat aktifitas berpikirnya.

Melalui tahap tertinggi ini, kita mengambil bagian dalam aktifitas agung Pencipta (Tuhan) yaitu mencipta.
Dalam penerapannya, tingkat berpikir ini masih berbenturan dengan model dan cara berpikir lama. Kebanyakan beranggapan bahwa berpikir tingkat tinggi identik dengan berbahasa dengan kosa kata dan kalimat yang rumit. HOTS adalah cara berpikir bukan cara berbahasa meskipun berbahasa itu buah dari pikiran. Tetapi berbahasa adalah sebuah komunikasi. Tujuan bahasa tidak tercapai apabila cara bahasanya tidak dimengerti oleh penerima komunikasi.
HOTS bukan juga tentang soal-soal ujian yang sulit. Seringkali kenyataan ini yang terjadi di medan tempur dunia pendidikan. Guru kemudian membuat soal yang sulit. soal yang sulit tidak identik dengan kegiatan merangsang pikiran untuk bekerja dan berimajinasi. Tetapi menambah beban bagi peserta didik. HOT jika diringkaskan muaranya terdapat pada kegiatan menganalisis. mengevaluasi dan mencipta. (MMC-Red)

PPDB Online

Kontak

Alamat :

Jl. Ahmad Yani No. 35 Putussibau

Telepon :

081254844983

Email :

smpkaryabudi21@gmail.com

Website :

http://smpkaryabudiputussibau.sch.id

Media Sosial :

Pengumuman UN

Berita Terbaru

Banner