Berita


KEGIATAN BULAN KITAB SUCI NASIONAL (BKSN) SMP KARYA BUDI PUTUSSIBAU

Setiap bulan september, Gereja Katolik Indonesia mengadakan kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN). Tahun ini Gereja Indonesia memilih tema  "Mewartakan kabar sukacita di tengah krisis lingkungan". Tema ini dipilih dengan pendasaran utama di mana mata dunia secara khusus tertuju kepada pemulihan lingkungan hidup. Kisah yang diangkat dalam permenungan kitab suci selama bulan kitab suci ini adalah kisah Nabi Nuh yang dipilih Allah untuk  menyelamatkan ciptaan dengan membuat sebuah bahtera. Allah memilih Nuh karena dia memiliki kapasitas lebih untuk misi yang sangat besar itu. Jika kita membaca kisahnya, di sana tertulis bahwa Allah memilih Nuh karena dia adalah pribadi yang baik hati dan tak bercela. Nuh dianggap sebagai pribadi yang bertanggung jawab terhadap perintah Allah tersebut.
SMP Karya Budi mengisi kegiatan BKSN dengan berbagai jenis kegiatan berupa pendalaman iman dan perlombaan. Pendalaman iman dipimpin oleh Bapak Wilhelmus Sukur, S.S. Karena tema BKSN berkaitan dengan lingkungan hidup, lokasi pendalaman iman ini dilaksanakan secara outdoor (di alam sekitar). Sekolah memilih halaman asrama putera Fransiskus Asisi Putussibau.
Selain pendalaman iman, juga terdapat beberapa perlombaan yaitu lomba membaca kitab suci, lomba cerdas cermat Kitab Suci dan lomba dramatisasi kitab suci. Setiap jenis perlombaan terlaksana dengan baik dan semua peserta mengikutinya dengan sukacita.
Kegiatan BKSN memberi pengaruh positif bagi penghayatan iman kaum remaja. Iman tidak hanya dirayakan dalam bentuk doa dan liturgi di Gereja, tetapi perlu diwujudnyatakan dalam tindakan yang konkret. Sebagai wujud konkretisasi penghayatan iman tersebut, siswa-siswi melakukan aksi nyata yaitu menanam pohon di lingkungan sekolah dan Gereja serta membersihkan lingkungan. Kaum remaja diajak untuk bertindak seperti Nabi Nuh yang berperan aktif untuk menyelamatkan ciptaan yang lain.
Selain sebagai wujud nyata pendalaman BKSN, kegiatan ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan Hari Raya Santo Fransiskus Asisi. Kita mengenal sosok orang kudus ini sebagai pencinta alam dan binatang. Bahkan dia menyebut alam dan binatang sebagai saudara. Penyebutabn "saudara" ini hendak mengatakan bahwa mereka juga bagian dari kehidupan manusia yang layak dihormati dan diperhatikan. (Monsy-Red)

PPDB Online


PPDB Online

Kontak


Alamat :

Jl. Ahmad Yani No. 35 Putussibau

Telepon :

081254844983

Email :

smpkaryabudi21@gmail.com

Website :

http://smpkaryabudiputussibau.sch.id

Pengumuman UN


Pengumuman UN

Banner


Banner