Berita


PELATIHAN PROGRAM ORGANISASI PENGGERAK


Program Organisasi Penggerak (POP) adalah program pemberdayaan masyarakat secara masif melalui dukungan pemerintah untuk peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Kepala sekolah dan guru SMP Karya Budi mengikuti kegiatan POP yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Sekolah Bruder (YPSB) Pontianak. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 5 (lima) hari yaitu dari tanggal 18 - 23 Oktober 2021. Metode pelaksanaannya adalah daring via zoom meeting. 
Para Guru dibekali dengan aneka materi yang diterangkan secara rinci dan sistematis oleh para pemateri yang cukup hebat. Guru diajak untuk berkomitmen menjadi penggerak di dunia pendidikan. Tentu saja sebelum menggerakan orang lain, guru harus memiliki kekuatan agar mampu menggerakan orang lain (siswa, rekan kerja) secara maksimal. Selain itu, guru juga diingatkan agar mendampingi anak dengan hati serta memperdalam pola relasi guru (sekolah) dan orang tua siswa. Perlu disadari kembali tentang seruan konsili Vatikan II bahwa keluarga adalah sekolah pertama dan utama. Pendidikan sesungguhnya merupakan tindakan kolaboratif antara keluarga dan sekolah agar anak didik berkembang secara holistik.
Pada sesi selanjutnya, para guru diajak berkelana ke perkembangan dunia yang ditandai dengan revolusi industri 4.0   berupa percepatan, munculnya artificial inteligent (AI) serta konektivitas melalui jaringan internet. Seluruh rangkaian kegiatan ini dibingkai oleh spirit yang diserukan Pak Menteri Pendidikan yaitu "merdeka belajar"
Semoga kegiatan POP ini turut membawa kemajuan bagi dunia pendidikan di SMP Karya Budi terutama perubahan bagi para guru dalam mengelola kelas dan mendampingi siswa. Hasil yang diperoleh nampak dalam perubahan sikap dan budaya belajar di SMP Karya Budi.

PPDB Online

Kontak

Alamat :

Jl. Ahmad Yani No. 35 Putussibau

Telepon :

081254844983

Email :

smpkaryabudi21@gmail.com

Website :

http://smpkaryabudiputussibau.sch.id

Media Sosial :

Pengumuman UN

Berita Terbaru

Banner